1. Nama Observer :
Christian Yosie Wahyuni Simbolon
NIM Observer : 10-099
2. Kelas yang diobservasi : Kelas XI MM4 (2-5)
3. Mata Pelajaran : IPA
Nama Guru : Ibu Ainun
4. Waktu mengobservasi : 11:45-12:20
Durasi observasi : (35 menit)
NIM Observer : 10-099
2. Kelas yang diobservasi : Kelas XI MM4 (2-5)
3. Mata Pelajaran : IPA
Nama Guru : Ibu Ainun
4. Waktu mengobservasi : 11:45-12:20
Durasi observasi : (35 menit)
5. Jumlah siswa : 22
orang
6. Media pembelajaran guru : Laptop, papan tulis, spidol, TV LCD dan buku pedoman.
7. Media pembelajaran siswa : Laptop, buku dan alat tulis.
8. Situasi fisik kelas :
6. Media pembelajaran guru : Laptop, papan tulis, spidol, TV LCD dan buku pedoman.
7. Media pembelajaran siswa : Laptop, buku dan alat tulis.
8. Situasi fisik kelas :
* Ukuran kelas sekitar 5x6 meter
* Ada sebuah TV berukuran yang digunakan untuk menggantikan LCD.
* Ada sebuah papan tulis yang berukuran kira-kira 2x3 meter
* Meja guru terletak di sudut depan kelas sebelah kanan
* Ada 2 buah AC (mati)
* 1 buah kipas pembuang udara yang terletak diatas papan tulis (mati)
* Ruang kelas tidak memiliki jendela dan ventilasi
* Ada 3 lampu panjang, tetapi hanya 2 lampu yang dihidupkan
* Ada 1 buah jam dinding bulat di depan kelas
* Dinding kelas (pintu masuk) terbuat dari kaca
* Kelas menggunakan kursi chitose jadi tidak menggunakan meja lagi
* Ada sebuah TV berukuran yang digunakan untuk menggantikan LCD.
* Ada sebuah papan tulis yang berukuran kira-kira 2x3 meter
* Meja guru terletak di sudut depan kelas sebelah kanan
* Ada 2 buah AC (mati)
* 1 buah kipas pembuang udara yang terletak diatas papan tulis (mati)
* Ruang kelas tidak memiliki jendela dan ventilasi
* Ada 3 lampu panjang, tetapi hanya 2 lampu yang dihidupkan
* Ada 1 buah jam dinding bulat di depan kelas
* Dinding kelas (pintu masuk) terbuat dari kaca
* Kelas menggunakan kursi chitose jadi tidak menggunakan meja lagi
* Kelas kotor dan tempat duduk tidak beraturan
9. Alat observasi : Alat tulis (pensil dan kertas)
9. Alat observasi : Alat tulis (pensil dan kertas)
Analisis Hasil Observasi
Tabel 5.10 (Kapabilitas yang akan dipelajari)
No
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Medium
Untuk Pembelajaran
|
Aktivitas
di Kelas
|
1.
|
Menarik perhatian
|
Komunikasi oleh
guru
|
Guru meminta murid untuk meng-close semua aktivitas (fb, twitter,
dll) yang tidak berhubungan dengan pelajaran saat itu (bagi murid yang
menggunakan laptop).
|
2.
|
Memberi informasi tujuan kepada
pemelajar
|
Komunikasi oleh
guru
|
Sebelum memulai materi, guru terlebih
dahulu menjelaskan apa yang akan mereka pelajari dan apa manfaat dari materi
mereka saat itu.
|
3.
|
Menstimulasi ingatan atas hal-hal yang
telah dipelajari sebelumnya
|
Komunikasi oleh
guru
|
Pada saat itu guru tidak melakukan hal
ini, mungkin karena Cuma 1les, maka guru tidak melakukan hal ini.
|
4.
|
Menyajikan stimulus secara jelas
|
Transparansi dan
komunikasi oleh guru
|
Guru menjelaskan mengapa mereka
mempelajari materi tersebut (kesadahan air) dan apa-apa saja yang menjadi
pagian dari materi tersebut.
|
5.
|
Memberi bimbingan belajar
|
Transparansi dan diskusi kelompok
Permainan akademik
|
Guru menceritakan setiap sub bab dari
materi yang mereka pelajari dengan jelas.
Hal ini tidak dapat dilakukan karena
terbatasnya waktu yang mereka miliki saat itu.
|
6.
|
Memunculkan kinerja
|
Bahan cetak
|
Anak diberikan penjelasan singkat
tentang apa yang sedang mereka pelajari dan apa contoh dalam kehidupan nyata
yang dapat mereka lalukan.
|
7.
|
Memberi tanggapan /umpan balik
|
Diskusi kelompok dan komunikasi guru
|
Guru tidak dapat melakukan hal ini dikarenakan
waktu, tetapi guru tetap memberi kesempatan pada murid untuk bertanya
kepadanya.
|
8.
|
Performa ases
|
Materi cetak
|
Dalam hal ini guru tidak memberika
materi/bahan bacaan terhadap anak, guru hanya menjelaskan materi dengan
menggunakan papan tulis serta buku panduan yang dimilikinya.
|
9.
|
Memberi retensi dan transfer group
diskusi
|
Membuka diskusi
|
Guru tidak melakukan transfer ilmu
dalam kelompok karena guru memang tidak membentuk kelompok diskusi saat itu.
|
HASIL OBSERVASI
Selain dari tabel diatas, dari hasil
observasi yang saya lakukan dalam kelas XI MM4 saya membedakan
antara guru dan murid. Dengan hasil sebagai berikut:
Guru
Guru dalam kelas ini adalah
seorang guru perempuan yang mengampu mata pelajaran Sains (IPA). Sebelum dia
memulai materi pelajaran dia meluangkan waktunya sekitar 10-15 menit untuk
mengecek PR murid-muridnya. Jika ada murid yang tidak mengumpulkan tugas maka
dia akan memberikan hukuman (cubitan dan omelan) bagi murid yang tidak
mengerjakan/mengirimkan tugas melalui email (softcopy) atau makalah (hardcopy).
Dalam mengajar, ibu ini terlebih dahulu menjelaskan apa yang akan mereka
pelajari dan apa guna pelajaran yang sedang mereka pelajari sekarang.
Murid
Saya melihat dari antara 22 murid
hanya sekitar 8-10 murid saja yang benar-benar tenang dalam kelas dan
memberikan perhatian penuh pada guru yang ada didepan kelas. Saya merasa hal
ini karena guru kurang tegas saat memperingatkan murid untuk tenang, atau
karena guru tersebut mereka kenal sebagai guru yang baik dan bersahabat, jadi
timbullah rasa sepele yang diberikan murid kepada guru tersebut.
TESTIMONI
Saat saya pertama masuk kedalam gedung sekolah tersebut saya merasa binggung juga melihat bangunan sekolah tersebut, saya sempat berpikir mana ya kelasnya, mungkin diatas, atau didalam. Tetapi saya salah, ternyata kelas-kelas yang awalnya saya kira tempat praktik itu adalah kelas mereka belajar.
Saya merasa SMA Tritech Infirmatika sudah cukup
baik dalam hal fasilitas. Hanya saja secara pribadi saya kurang nyaman jika
belajar dengan pintu kaca dan suasana ruangan yang menurut saya cukup sempit
dan terlihat seperti tempat bimbel (bimbingan belajar). Jika mengenai hubungan
guru dengan murid saya sangat senang melihatnya, karena guru cukup mampu untuk
berinteraksi dan membawa diri dalam menghadapi murid-murid yang masih remaja.
Hal ini dapat saya lihat dari cara guru dan murid bercanda, marah, dan juga
mengajar. Hanya saja saya tidak terlalu suka cara guru mengendalikan kelas,
karena guru tersebut hanya sekedar mengatakan “heh, suara kalian itu rebut
kali” tanpa memberikan sebuah tindakan yang tegas untuk menenangkan 6 anak
laki-laki yang duduk dipojok belakang kelas.
0 komentar:
Posting Komentar