Senin, 14 Februari 2011


Hasil Diskusi

0


Dewasa ini perkembangan teknologi sangat cepat dan berpengaruh pada sitem pendidikan juga. Sistem pendidikan sekarang mulai berbasis pengembangan teknologi. Sekarang, pembelajaran tidak hanya terbatas ruang dan waktu, pembelajaran dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun.
Menurut kelompok kami, sistem pembelajaran dengan menggunakan e-mail dan blogsangatlah baik karena membantu mahasiswa dan dosen dalam pengaplikasian sistem pendidikan yang mulai menuju ke arah pengembangan teknologi. Dengan adanya e-maildan akun blog membuat sistem perkuliahan lebih efisien dan efektif. Dengan adanya e-maildan blog, kita dapat mengakses info-info penting mengenai hal-hal yang berhubungan dengan mata kuliah psikologi pendidikan, misalnya mengenai konferensi guru, dan juga bisa share dengan teman-teman mengenai topik permasalahan dalam mata kuliah dengan membaca solusi teman-teman di blog.
Di luar psikologi pendidikan, blog dan e-mail mampu memancing daya kreativitas mahasiswa. Blog, misalnya, mahasiswa terpancing untuk mendesign blog dengan kreativitasnya agar menarik ataupun menambah informasi-informasi lain. Makanya tidak heran jika mahasiswa mampu duduk berjam-jam di depan monitor hanya untuk men-design blog ataupun mencari informasi-informasi lain yang berhubungan lewat e-mail yang dikirimkan dosen.
Indonesia sendiri, khususnya Medan sebagai ibukota provinsi, belum begitu menyadari akan keberadaan dan  pentingnya pembelajaran e-learning. Pembelajaran e-learning ialah pembelajaran dengan menggunakan bantuan alat elektronika, misalnya komputer ataupun modem. Pembelajaran e-learning sendiri bermanfaat agar dunia pendidikan juga tidak ketinggalan dengan kemajuan teknologi. E-mail maupun blog merupakan sarana yang tersedia di dunia maya guna menyampaikan pesan, baik secara private (e-mail) dan publik (blog).  Masih sedikit sekolah-sekolah yang mulai menggunakan pembelajaran e-learning, kalaupun ada itu hanya ada di sekolah-sekolah bertaraf tinggi. Bantuan negara untuk pendidikan pun sering tidak jelas arahnya.
Namun, dengan diterapkannya pembelajaran berbasis e-learning ini pada mata kuliah psikologi pendidikan, menjadikan mahasiswa bukan saja berkutat pada bahan ajar, namun dapat mengekspresikannya lewat solusi-solusi pada topik permasalahan, bahkan dengan bonus mampu menekspresikan dirinya lewat design-design blog.
Namun, yang perlu diperhatikan ialah kita tidak berkutat pada masalah alat-alat pembelajarannya, seperti modem,  tapi pada hasil maksimum yang dicapai dari penerapan pembelajaran e-learning ini.

0 komentar:

Posting Komentar