Jumat, 27 Mei 2011


Bagaimana menciptakan suasana belajar yang menyenangkan???

0







         Belajar kadang kala adalah hal yang sangat membosankan bagi para pelajar. 
Banyak hal yang membuat belajar itu terasa sangat membosankan.
Saya juga sering mengalami hal demikian.
Terkadang ada rasa malas yang sangat besar ketika akan pergi kekampus, dan saat mengikuti pelajaran, saya sering kali merasa ngantuk, bosan, capek, dll dan yang muncul adalah doa agar pelajaran yang saya bosan itu cepat berakhir.


Mengapa kita bisa merasakan bosan saat belajar...
Coba kita tanya pada diri kita, apa yang memuat kita merasa bosan..
Saya juga pernah bosan, sering malah. Apalagi kalau gurunya bukanlah favorit saya dan cara mengajarnya mebosankan, maka saya akan lebih memilih melihat-lihat keluar kelas atau pun bersms ria dengan teman-teman saya saat guru menerangkan (sangat tidak terpuji, tapi itu lah kenyataannya). 
Hahaha …


Tapi  disini saya akan memberi sedikit sosuli dalam menciptakan suasana belajar yang menyenangkan.


Pertama, analisis dulu mengapa anda bosan. 
Apakah karena gurunya?? 
Atau karena pelajarannya seperti tidak menarik?? 
Atau karena anda sudah mencoba mengikuti dengan baik tetapi tidak bisa juga??


Kedua, setelah kita mengetahui apa penyebabnya coba kita mengambil sedikit sisi positif dari pelajaran tersebut sehingga membuat kita tergerak atau terdorong untuk mempelajarinya.
Misalnya: saat saya di SMA dulu, saya sangat tidak meyukai pelajaran biologi. Karna banyak faktor, guru yang galak, pelajarannya yang sulit, kata-katanya yang aneh dan sulit dihapalkan. Tapi saya selalu berpikir "Saya harus belajar ini, agar saya bisa jadi dokter" (padahal saya tidak niat jadi dokter), tapi saya mengatakannya dalam hati saya agar muncul sedikit rasa menyenangkan terhadap pelajaran tersebut.


Ketiga, mungkin ini agak sedikit sulit, terkadang seorang pelajar sangat tidak nyaman menghadapi pengajar yang agak sedikit galak dan menakutkan. Tapi ini memang hal yang sangat sulit, karena disetiap sekolah pasti ada saja pengajar yang dianggap galak oleh pelajar Untuk mengatasi hal ini coba bayangkan bahwa pengajar yang menurut banyak pelajar galak itu adalah sosok pengajar yang sangat lembut dan penuh perhatian. ^_^


Keempat, cari teman yang dapat membuat kamu nyaman dan dapat bertukar pikiran. Agar saat kamu merasa belajarnya sangat tidak menyenangkan kamu dapat bertanya ataupun belajar dengan teman mu tersebut.


Kelima, munculkan lah motivasi instrinsik dalam dirimu bahwa belajar itu adalah cara untuk dapat menggapai cita-cita dan masa depan yang indah....
(walaupun saya juga agak sulit melakukan ini)..


Semoga ini bermanfaat bagi pembaca dan juga penulis (yang sebenarnya sangat malas belajar)...
Terlihat memalukan sih, tapi itu lah kenyataannya..

Bukan kah kejujuran itu baik??
Hehehehe..  ^_^


0 komentar:

Posting Komentar