Sabtu, 15 September 2012


ANALISIS PENGALAMAN INDIVIDU

0
Pengalaman Saya

          Ketika saya kelas 1 SD, saya selalu mendapat juara 2 dikelas. Setiap bagi rapot saya selalu diberi hadiah oleh orang tua saya. Tetapi saat memasuki kelas 2 SD, saya mendapatkan peringkat pertama dikelas. Saya sangat senang, karena mendapat hadiah dari orang tua saya, dan yang membuat saya semakin senang lagi adalah ketika saya berkunjung kerumah tante saya, dia juga memberikan saya hadiah yang saya mau. Dia mengatakan bahwa itu adalah hadiah karena saya berhasil mendapatkan juara 1. Saya jadi makin senang, karena saya mendapatkan 2 hadiah sekaligus. Hadiah yang mereka berikan itu membuat saya semakin semangat belajar, karena saya merasa bahwa mendapat hadiah itu adalah hal yang sangat menyenangkan. 

Analisis Dengan Teori Belajar Skinner

      Menurut Skinner (J.W Santrock, 272) unsur yang terpenting dalam belajar adalah adanya penguatan (Reinforcement) dan hukuman (Punishment). Penguatan (reinforcement) adalah konsekuensi yang meningkatkan probabilitas bahwa suatu perilaku akan terjadi. Sebaliknya, hukuman (punishment) adalah konsekuensi yang menurunkan probabilitas terjadinya suatu perilaku.    

          Pengalaman yang salah alami merupakan contoh penguatan positif. Dimana perilaku saya juara kelas menimbulkan konsekuensi berupa hadiah yang diberikan oleh orang tua dan tante saya kepada saya. Hadiah yang meraka berikan tersebut membuat perilaku kedepan saya makin rajin dan semangat belajar.

0 komentar:

Posting Komentar