Rabu, 26 September 2012


TUGAS INDIVIDU

0
Fungsi
Contoh
Sebagai kerangka riset
Ketika saya SD kaki saya pernah menginjak kaca, hal itu terjadi karena saya tidak mendengarkan nasihat ibu saya agar memakai sandal saat keluar rumah. Dari kejadian itu saya jadi tidak berani lagi keluar rumah tanpa menggunakan alas kaki.
Memberikan kerangka organisasi untuk item-item informasi
Saya selalu membuat sticky notes dirung belajar saya,  agar saya dapat mengingat apa saja tugas, kuis, dll yang akan saya kerjakan.
Mengidentifikasi sifat dari perilaku yang kompleks
Saat saya kecil, saya sering jalan-jalan kepantai bersama orang tua saya, saya selalu bertanya kepada mereka mengapa ombak itu tidak pernah berhenti bergulung-gulung ditepi pantai, dan mengapa ombak bergulung-gulung.
Mereorganisasi pengalaman sebelumnya
Saya mengikuti seorang teman yang memakai sabun pencuci muka A, saat saya memakai sabun tersebut muka saya malah berjerawat oleh sebab itu saya merubah persepsi saya tentang sabun itu dan tidak lagi mengikuti dia untuk memakai sabun itu.
Bertindak sebagai penjelasan kerja dari peristiwa
Ketika SMA ada salah satu teman sekelas saya yang ketahuan mencuri hp dikelas lain, karena dia anggota kelas saya, otomatis kami yang satu kelas dengannya lebih mengetahui apa yang terjadi dikelas saat semua guru marah-marah didalam kelas kami. Dan otomatis semua teman dikelas lain, bertanya kepada kami.


Berdasarkan perspektif psikologis tentang faktor-faktor utama dalam belajar, saya melihat pengalaman saya sesuai dengan  teori yang dikemukakan.
·         Perspektif behavioris
 Pengkondisian klasik tentang bagaimana refleks dan reaksi emosi sederhana, hal ini  sama seperti pengalaman saya ketika kaki saya menginjak kaca, secara refleks dan reaksi emosi, saya merasa kesakitan dengan kondisi seperti itu, oleh sebab itu saya memutuskan untuk selalu memakai alas kaki setiap saya keluar rumah.
·          Perspektif kognitif
Teori kognitif merupakan teori belajar yang melibatkan proses penerimaan informasi dan problem solving. Hal ini mirip dengan pengalaman saya yang selalu menempelkan sticky notes untuk membantu saya memproses informasi yang ada baik disekolah, kampus, dll.
·         Perspektif Interaksionis
Dalam perspektif ini dikatakan kita cenderung dipengaruhi oleh model dan faktor lingkungan. Hal ini sesuai dengan pengalaman saya ketika saya mengikuti teman saya yang menggunakan sabun pencuci muka A, setelah saya mencontoh teman saya, saya menyadari bahwa sabun pencuci muka A itu tidak cocok dengan kulit saya.
·         Teori Perkembangan Interaksionis
Teori ini juga sesuai dengan pengalaman saya dimana saya selalu membuat sticky notes untuk membantu saya mengingat hal-hal kecil.

  

0 komentar:

Posting Komentar