Rabu, 10 Oktober 2012


Berkreasi Dengan Stimulus-Stimulus Sederhana

2

    














     Hari ini dalam kuliah psikologi belajar kami disuruh membuat  produk dari 3 buah stimulus dalam waktu 30 menit. Saya yang terlambat datang cukup kaget melihat teman-teman saya sudah duduk dan dan mulai mengerjakan tugas tersebut. Begitu dosen pengampu mata kuliah ini memberikan saya 3 buah stimulus tersebut, saya mulai bingung mau membuat apa. Saya mendapatkan sebuah kertas HVS, sebuah Sertifikat tentang diet media, dan juga sebuah kertas karton kecil.  

      Pada awalnya saya benar-benar tidak tau ingin membuat apa dengan stimulus-stimulus tersebut. Yang saya pikirkan awalnya adalah membuat sebuah produk yang sangat menarik dan juga indah. Tapi saya merasa sangat sulit membuat produk yang demikian hanya dalam waktu 30 menit dan dengan 3 stimulus tersebut. Lalu saya mengingat kegiatan kesenian saat saya masih SD, saat itu kami disuruh membuat sebuah kerajinan tangan dari karton bekas dan harus dibuat sendiri tanpa bantuan orang lain. saya membuat sebuah bingkai foto, yang bisah digantung didinding serta bisa diletakkan diatas meja. Hasil karya tersebut dinilai cukup baik oleh guru kesenian saya, dan saya sangat senang.

      Berdasarkan pengalaman itu, saya membuat kembali hal serupa pada mata kuliah ini. saya menggunakan sertifikat untuk latar bingkai, saya menggunakan kertas HVS untuk pinggir bingkai, dan menggunakan karton kecil untuk penyangga belakang bingkai serta penyobek nya sedikit untuk membuat gantungan diatasnya. 

      Pembelajaran, itulah yang menyebabkan saya kembali melakukan hal yang dulu pernah saya lakukan. Pembelajaran bisa diperoleh melalui apa saja, baik hal yang positif atau pun negatif. Dalam hal ini saya mendapatkan pembalajaran melalui hal positif yang dinilai positif juga oleh guru saya saat itu, hal positif ini lah (yang setelah saya masuk Psikologi USU saya ketahui bahwa istilahnya adalah reinforcement positif) yang saya jadikan alasan untuk kembali melakukan hal yang sama dalam kuliah psikologi belajar ini.

2 komentar:

psipddk3sks mengatakan...

ide gagasannya baik Ris....
sesungguhnya proses untuk sampai pada keputusan menghasilkan produk apa, teori belajarnya sudah dapat diuraikan..:)

Riris Yosie Wahyuni Simbolon mengatakan...

trimakasih buat feedback nya bu..
:D

Posting Komentar